Pendidikan Nasional “Di Persimpangan Jalan”,,,

Ditulis Oleh :  Drs. Samsuddin, M.Ag.
Wakil Rektor Bidang Kemasiswaan dan Kerjasama

Sekolah Sukses: Berbasis Karakter

Walsh,M, (Building a Successful School) menyebutkan sekolah sukses siswanya menunjukkan perkembangan cukup berarti, menitikberatkan setting proses ketimbang produk atau hasil diperkirakan dapat memberikan penguatan moral anak. Proses oriented pembelajaran dengan system aturan  ketat membuahkan hasil produk berkualitas,  ini kunci utama membangun krakter anak menjadi manusia cerdas, sedangkan proses result (proses pemberian angka atau evaluasi) adalah pertimbangan bagi guru memberikan menetapkan keberhasilan anak menjadi cerdas.

dosen
gerhana
persiapan

Tipe sekolah sukses ini telah  diadopsi di Indonesia  sebagai model pendidikan yang dapat mendongkorak kualitas pendidikan kita, seperti sekolah plus dan unggulan, tampak jelas bedanya dengan sekolah regular biasa, yang paling dominan perbedaanya adalah motivasi belajar anak sangat tinggi, jadi tipe sekolah sukses adalah benar-benar sekolahnya orang yang mau sekolah, karena setingg proses berjalan sesuai dengan Standard Operating Procedural (SOP) yang telah di tentukan, proses rekrutmen guru, dan siswa berada dalam kondisi proses yang sangat ketat sekali, manajemen pendidikan berbasis akuntabilitas dan transpran dan pimpinan sekolah professional. Model pendidikan seperti akan mengangkat pamor pendidikan nasional.Tapi sayangnya model sekolah sukses masih tergolong langka di negeri ini, dan kalaupun ada, anak orangtua trauma memasukkan anak dan keluarganya untuk belajar di sekolah ini. Karena paradigma anak masih tergolong primordial takut kalah sebelum bersaing, dan memang pendidikan di sekolah sukses aturan mainnya adalah berdasarkan setting proses yang ditutut mengaplikasikan aspek afektif yang berujung kepada soft skils sehingga anak memiliki krakter dan moral, karena kebiasaan proses yang di dapatkannya di sekolah akan tercermin aktualisasinya di dalam masyarakat.

Oleh karena itu paradigma pendidikan untuk masa depan yang dapat mengantisipasi krisis moral anak, perlu mengembangkan tipe sekolah sukses di kembangkan pada seluruh daerah di nusantara ini.

Penutup

Demikian tulisan ini diluncurkan, setidaknya dapat berguna sebagai modal untuk melaksanakan refomasi total terhadap dunia pendidikan kita yang masih berada di “persimpangan jalan”.

Baca artikel sebelumnya

 

One thought on “Pendidikan Nasional “Di Persimpangan Jalan”,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *